fbpx

LAZDAI Peduli Berperan Aksi Kemanusiaan Global

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal mengapresiasi lembaga zakat anggota Forum Zakat yang telah berkontribusi bagi penyintas gempa Turki. “Saya mewakili pemerintah RI mengucapkan terimakasih kepada lembaga zakat karena telah membantu korban gempa Turki. Kontribusi lembaga zakat sangat menguatkan peran Indonesia dalam aksi kemanusiaan global,” ungkapnya pada pertemuan dengan Forum Zakat di KBRI Ankara, Selasa (7/3/2023).

Pada agenda tersebut, Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto melaporkan kontribusi lembaga zakat anggota Forum Zakat  untuk gempa Turki. “Saat ini sudah ada 23 lembaga zakat yang turun dalam aksi penanganan gempa Turki mulai dari klaster penyelamatan/evakuasi klaster kesehatan,  klaster logistik, dan klaster recovery,” bebernya.

“Apresiasi dari Kedubes RI merupakan bukti bahwa lembaga zakat memiliki kontribusi yang kuat dalam kemanusiaan tak hanya nasional namun juga level global,” tandasnya.

LAZDAI Peduli juga berkontribusi dalam penyaluran bantuan untuk Turki sebagai bagian dari aksi kemanusiaan global. Dalam upaya ini, LAZDAI Peduli bekerja sama dengan lembaga zakat lainnya dalam Forum Zakat untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para korban gempa di Turki, termasuk dalam klaster penyelamatan/evakuasi, klaster kesehatan, klaster logistik, dan klaster recovery. Melalui kolaborasi ini, LAZDAI Peduli berupaya untuk memperkuat peran Indonesia dalam aksi kemanusiaan global serta memberikan dukungan bagi para penyintas gempa di Turki.

Aksi penanganan ini menyebar ke berbagai lokasi terdampak seperti Hatay, Gaziantep, Reyhanli, Zaitinobe, dan lain-lain. “Berdasarkan informasi dari KBRI, bantuan mendesak saat ini adalah tenda-tenda untuk tempat tinggal penyintas sampai rumah mereka dibangun kembali oleh pemerintah Turki,” kata Agus.

Rencana Kolaborasi Lanjutan Pemerintah dan Lembaga Zakat

Dalam agenda tersebut juga membahas rencana kolaborasi lanjutan antara pemerintah dengan lembaga zakat pada fase rehabilitasi dan rekonstruksi gempa Turki. Dr Lalu mengatakan KBRI dan Lembaga Zakat anggota Forum Zakat akan mengadakan Festival Ramadan di camp pengungsian.

“Tak hanya itu, program yang bisa kita eksekusi bersama adalah Pembangunan Kampung Indonesia yaitu ekosistem Indonesia di wilayah bencana, mulai dari rumah, sekolah, pasar, masjid, dll yang dibangun dari banyak entitas Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia memiliki keinginan kuat untuk membangun kampung Indonesia sebagai balasan kepada Turki yang sudah membangun Desa Turki di Aceh serta bantuan pada bencana di Palu dan Lombok, silam.

Dr. Lalu menyebut, dalam lima tahun ke depan, Turki memutuskan untuk menurunkan intensitas bantuan peran kemanusiaannya di tingkat Global akibat gempa ini. Sebagaimana diketahui, Turki adalah entitas dengan kontribusi kemanusiaan global No 3 dunia setelah UN dan Uni Eropa.

“Maka, ini akan jadi peluang bagi Indonesia agar bisa menjadi pemain penting dengan meningkatkan kontribusi aksi kemanusiaan global. Sejalan dengan ini, bagi gerakan zakat juga saya harap bisa memperkuat peran dalam aksi kemanusiaan global. Kolaborasi kita pada gempa Turki menjadi momentumnya,” ungkap Dr. Lalu. (*)

Tentang Forum Zakat- FOZ adalah asosiasi lembaga pengelola zakat yang berfungsi sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia. Saat ini FOZ memiliki anggota sebanyak 196 lembaga dari Aceh hingga Papua. Fungsi utama FOZ adalah penguatan kapasitas dan kompetensi pengelola, advokasi, sinergi, serta kolaborasi program-program pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan komunitas masyarakat.

Leave a Reply

Kami Siap Menjemput Zakat Anda.

Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf yang kami terima akan kami salurkan kepada yang membutuhkan untuk Masyarakat Indonesia Sejahtera.

Layanan Kami

Jemput Donasi

Layanan Ambulan

Layanan Distribusi

65+ Lembaga dan Komunitas yang telah bermitra bersama kami.

Yuk, Bermitra dengan kami dan dapatkan benefit sebanyak-banyaknya.

Jl. Purnawirawan Raya No.114, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35147

Program Kami

Partner Lazdai

Legalitas

© Lazdai Peduli [2023]