fbpx

5 Hal Terlarang Menyambut Ramadhan

larangan di bulan ramadan

Sebentar lagi bulan Ramadhan nih. Sebagai seorang muslim, menjelang bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan agar kita bisa memasuki bulan suci dengan bersih dan khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

Pertama, hindari melakukan ghibah atau membicarakan orang lain di belakang mereka. Ghibah bisa merusak hubungan dengan orang lain dan mengurangi keberkahan ibadah kita.
Kedua, hindari merokok. Selain merusak kesehatan, merokok juga dapat membatalkan puasa kita. Oleh karena itu, sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan berhenti merokok menjelang bulan Ramadhan.
Ketiga, hindari berlebihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Terutama makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Kita perlu mempersiapkan tubuh agar bisa berpuasa selama sebulan penuh dengan sehat dan bugar. Konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta hindari makanan dan minuman yang berlebihan.
Keempat, hindari perbuatan maksiat seperti minuman keras, judi, dan tindakan kekerasan. Kita perlu membersihkan diri dari segala bentuk dosa sebelum memasuki bulan Ramadhan.
Kelima, hindari membual atau menunjukkan kebaikan yang dilakukan kepada orang lain. Kebaikan yang kita lakukan sebaiknya hanya untuk meraih keberkahan dari Allah SWT, bukan untuk pujian dari manusia.

Melakukan hal-hal di atas akan membantu kita untuk memasuki bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan terbebas dari dosa. Selain itu, dengan menghindari hal-hal yang dapat merusak ibadah kita, kita dapat memperoleh manfaat yang lebih besar dalam menjalankan ibadah puasa. Mari persiapkan diri dengan baik dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan untuk kita semua.

Selain menghindari hal-hal yang tidak dianjurkan menjelang bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Salah satunya adalah dengan meningkatkan frekuensi ibadah, seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir. Hal ini akan membantu kita untuk memperkuat iman dan taqwa, serta membiasakan diri untuk beribadah dengan konsisten sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Selain itu, juga penting untuk mempersiapkan diri secara materi, seperti membeli kebutuhan pokok sehari-hari sebelum Ramadhan tiba. Hal ini akan membantu kita untuk fokus dalam menjalankan ibadah puasa tanpa terganggu oleh urusan-urusan lain.

Ikuti Website Lazdai Peduli untuk informasi menarik lainnya yuk.

Leave a Reply

Kami Siap Menjemput Zakat Anda.

Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf yang kami terima akan kami salurkan kepada yang membutuhkan untuk Masyarakat Indonesia Sejahtera.

Layanan Kami

Jemput Donasi

Layanan Ambulan

Layanan Distribusi

65+ Lembaga dan Komunitas yang telah bermitra bersama kami.

Yuk, Bermitra dengan kami dan dapatkan benefit sebanyak-banyaknya.

Jl. Purnawirawan Raya No.114, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35147

Program Kami

Partner Lazdai

Legalitas

© Lazdai Peduli [2023]