fbpx

Kucing itu Hewan Istimewa loh

Kucing adalah hewan yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam. Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, bahwa kucing adalah hewan yang sangat terhormat dan disayangi oleh Allah SWT. Ada beberapa keistimewaan kucing dalam Islam yang perlu diketahui oleh umat Muslim, antara lain:

Pertama, kucing dianggap sebagai hewan yang suci. Dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW pernah menceritakan bahwa suatu ketika beliau sedang memberikan kuliah, lalu datanglah seekor kucing ke masjid dan naik ke pangkuan Rasulullah SAW. Beliau kemudian memeluk kucing tersebut dan melanjutkan kuliahnya. Dari hadits ini, dapat disimpulkan bahwa kucing dianggap sebagai hewan yang suci dan dihormati.

Kedua, kucing dianggap sebagai hewan yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Dalam Islam, bersih dan suci adalah hal yang sangat penting, karena hal ini berkaitan dengan kebersihan jiwa dan fisik. Oleh karena itu, kucing yang mampu membersihkan dirinya sendiri dianggap sebagai hewan yang bersih dan layak untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Ketiga, kucing dianggap sebagai hewan yang dapat menjaga rumah dari gangguan setan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ketika kamu melihat kucing, maka berilah dia makan dan janganlah mengusirnya, karena kucing adalah makhluk yang diutus oleh Allah SWT untuk menjaga rumah dari gangguan setan.” Dari hadits ini, dapat disimpulkan bahwa kucing memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan keberkahan rumah.

Dalam kesimpulannya, keistimewaan kucing dalam Islam seharusnya menjadi suatu hal yang perlu dipahami dan dihargai oleh umat Muslim. Kucing bukan hanya sebagai hewan peliharaan biasa, namun memiliki makna yang lebih dalam dalam kehidupan seorang Muslim. Maka, kita sebagai manusia harus menghargai dan menjaga kucing dengan baik, sehingga kita dapat merasakan manfaat dan keberkahan yang diberikan oleh Allah melalui hewan yang satu ini.

Leave a Reply

Kami Siap Menjemput Zakat Anda.

Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf yang kami terima akan kami salurkan kepada yang membutuhkan untuk Masyarakat Indonesia Sejahtera.

Layanan Kami

Jemput Donasi

Layanan Ambulan

Layanan Distribusi

65+ Lembaga dan Komunitas yang telah bermitra bersama kami.

Yuk, Bermitra dengan kami dan dapatkan benefit sebanyak-banyaknya.

Jl. Purnawirawan Raya No.114, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35147

Program Kami

Partner Lazdai

Legalitas

© Lazdai Peduli [2023]