fbpx

Tata Cara Sholat Tarawih

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam bulan Ramadan setelah sholat Isya’. Sholat Tarawih memiliki keutamaan yang besar dan sejarah yang panjang. Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai jumlah rakaat yang harus dilakukan, namun yang pasti Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Dalam Kitab Durrotun Nashihin, fadhilah sholat Tarawih setiap malam dari malam 1-30 disebutkan dengan lengkap. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim kita seharusnya tidak melewatkan kesempatan untuk melakukan sholat Tarawih pada bulan Ramadan ini. [1, 2, 5]

Bolehkah Sholat Sunnah Tarawih Berjamaah?

Solat Taraweh dapat dilakukan secara mandiri atau berjamaah. Berikut adalah perbedaan antara solat Taraweh sendiri dan solat Taraweh berjamaah:

  1. Solat Taraweh Sendiri: Solat Taraweh dapat dilakukan sendiri di rumah atau tempat lain yang tenang dan nyaman. Melakukan solat Taraweh sendiri memungkinkan seseorang untuk memilih waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Solat Taraweh Berjamaah: Solat Taraweh juga dapat dilakukan secara berjamaah di masjid atau surau. Melakukan solat Taraweh berjamaah memiliki keuntungan, di antaranya:
  • Memperoleh pahala yang lebih besar karena melakukan ibadah secara berjamaah.
  • Meningkatkan kebersamaan dan solidaritas di antara umat Muslim.
  • Meningkatkan kualitas ibadah karena mendapatkan panduan dari imam atau yang memimpin shalat.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Sunnah Tarawih

Solat Taraweh dapat dilakukan secara sendiri atau berjamaah, dan keduanya memiliki tata cara yang berbeda. Berikut adalah panduan niat dan tata cara melaksanakan solat Taraweh sendiri dan berjamaah:

  1. Niat dan Tata Cara Solat Taraweh Sendiri

a. Niat: Niat solat Taraweh sendiri sama dengan solat Taraweh berjamaah, yaitu “Aku niat sholat sunnah Tarawih dua belas rakaat karena Allah ta’ala”.

b. Tata Cara:

i. Mulai dengan membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar). ii. Setelah itu, baca Al-Fatihah dan surah pendek pada setiap rakaat. iii. Lakukan ruku, sujud, duduk di antara dua sujud, dan duduk di akhir rakaat seperti pada sholat lima waktu. iv. Setelah menyelesaikan 2 rakaat, berdirilah untuk mengerjakan rakaat selanjutnya. v. Lakukan solat Taraweh hingga selesai 12 rakaat.

  1. Niat dan Tata Cara Solat Taraweh Berjamaah

a. Niat: Niat solat Taraweh berjamaah sama dengan solat Taraweh sendiri, yaitu “Aku niat sholat sunnah Tarawih dua belas rakaat karena Allah ta’ala”.

b. Tata Cara:

i. Mulai dengan membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar). ii. Setelah itu, imam membaca Al-Fatihah dan surah pendek pada setiap rakaat. iii. Jamaah mengikuti gerakan imam seperti pada sholat lima waktu. iv. Setelah menyelesaikan 2 rakaat, berdirilah untuk mengerjakan rakaat selanjutnya. v. Lakukan solat Taraweh hingga selesai 12 rakaat.

Leave a Reply

Kami Siap Menjemput Zakat Anda.

Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf yang kami terima akan kami salurkan kepada yang membutuhkan untuk Masyarakat Indonesia Sejahtera.

Layanan Kami

Jemput Donasi

Layanan Ambulan

Layanan Distribusi

65+ Lembaga dan Komunitas yang telah bermitra bersama kami.

Yuk, Bermitra dengan kami dan dapatkan benefit sebanyak-banyaknya.

Jl. Purnawirawan Raya No.114, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35147

Program Kami

Partner Lazdai

Legalitas

© Lazdai Peduli [2023]